Wintergardens at Domain Park

Domain Park adalah salah satu taman besar di Auckland. Taman ini juga dikenal dengan nama The Domain dan Gum Tree Hill. Lokasinya yang berada di Park Road, Grafton dan tidak jauh dari city center membuat taman ini menjadi pilihan dan favorit warga Auckland untuk sekedar berjalan – jalan dan berolahraga. Selain menyediakan track dan lahan luas untuk berolahraga, di dalam Domain Park ini juga terdapat Auckland War Memorial Museum dan Wintergardens.

Walaupun namanya Wintergardens, taman ini tetap buka di musim panas. Hanya saja opening and closing hours akan berbeda di saat Winter and Summer. Kabar baiknya, untuk masuk ke taman ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis! Winter Garden memiliki 2 bangunan yang saling berseberangan dan koleksi tanaman di kedua bangunan tsb berbeda. Di sisi tengah antar kedua bangunan terdapat sebuah hutan buatan mini yang terlihat seperti sungguhan.

pinky flower
pinky flower
My favorite tulip
My favorite tulip

10701961_10152749877238134_8168098928121629951_n

Saya pribadi sangat suka mengunjungi Wintergardens karena lokasinya yang dekat dengan city center, gratis, koleksi bunganya juga cukup beragam. Di postingan saya sebelumnya, saya sempat bercerita mengenai Auckland Botanic Garden yang berlokasi di Manukau (jauh dari Auckland City). Jika kedua taman ini dibandingkan, sudah jelas Auckland Botanic Garden memiliki lahan dan variasi bunga yang lebih banyak. Tapi, Wintergardens ini sangat pantas dijadikan alternative jika kalian tidak sempat mengunjungi Auckland Botanic Garden.

Setiap pergantian musim, bunga yang ditampilkan juga berbeda. Pertama kali saya mengunjungi taman ini di bulan Juni, saat itu koleksi bunganya tidak terlalu banyak dan menarik. Terakhir kali saya mengunjungi taman ini di akhir September dan saya sangat senang karena bisa melihat beragam bunga beraneka warna. Bunga yang berhasil membuat saya terpana adalah tulip. I was surprised when I saw many kinds of Tulips there. Saya sama sekali tidak menyangka bisa melihat banyak jenis tulip di sana. Ternyata saya tidak perlu jauh – jauh ke Keukenhoff untuk melihat tulip (yang ini statement sesat karena saya belum pernah ke Keukenhoff ;p). Tapi kalau mau melihat taman penuh dengan tulip ya tetap harus ke Keukenhoff. Hanya saja untuk saya, bisa melihat tulip di Auckland sudah cukup. Hehehehe

10676306_10152749877883134_7067191066561021938_n

Little forest in Wintergardens
Little forest in Wintergardens
Lazy swan was sleeping in the afternoon
Lazy swan was sleeping in the afternoon

Koleksi bunga di waktu summer jelas lebih beragam dan berwarna dibandingkan Winter season. Keindahannya bisa dilihat di foto yang saya post di sini. Di Winter Garden, pengunjung tidak diperkenankan untuk memegang apalagi memetik bunga di sana. Sebenarnya tanpa peringatan itu pun, saya tidak tega untuk memetik bunga di sana. Bunga – bunga di sana sudah tertata dengan sangat rapi dan cantik, jadi tidak ada alasan untuk merusaknya bukan?

Jika kalian masih memiliki waktu banyak, kalian bisa mengunjungi Museum, duduk – duduk santai, berolahraga atau sekedar berjalan mengitari danau kecil yang berada tidak jauh dari Winter Garden. Di pinggir danau itu kalian bisa melihat sekumpulan angsa yang sedang bersantai dan “sun-bathing” ;)). Oleh karena itu, taman ini juga dikenal sebagai Duck Ponds. Sekian cerita saya mengenai Wintergardens, see you in another story!

Tulips parade
Tulips parade

10408635_10152749881668134_3793693383176947569_n

i love this color so much!
i love this color so much!
Jalan di dalam hutan di tengah kota. ;)
Jalan di dalam hutan di tengah kota.😉

Leave a Reply

