Auckland Botanic Garden

Hari Senin, 27 Oktober 2014 kemarin adalah Labor Day di New Zealand, yang berarti public holiday. Berhubung cuaca di Auckland sudah mulai membaik (apa coba?), yaa selama winter kemarin kan hampir setiap hari hujan, karena sekarang sudah spring, matahari mulai berani unjuk gigi >.< Walaupun forecast bilang kalau hari Senin akan hujan, saya tetap nekat mengunjungi Auckland Botanic Garden berbekal payung. Hahahaha

Jadilah saya pagi – pagi sudah bangun dan berangkat. Karena saya tinggal di city center dan Botanic Garden ini lokasinya di Manukau, butuh waktu sekitar satu setengah jam hingga dua jam untuk sampai di sana. Ada beberapa pilihan transportasi untuk menuju ke sana. Untuk yang punya kendaraan pribadi sih jelas gak usah bingung ya, nah untuk yang mengandalkan trasnportasi umum jangan khawatir, kita bisa menggunakan kereta dan bis untuk ke sana. Untuk jadwal keberangkatan, biaya dll bisa langsung mengecek di link ini http://at.govt.nz/Journeyplanner. Kalau saya sih menggunakan aplikasi AT Public Transport di iPhone saya.

IMG_8804
Rose Garden
IMG_8720
Looks like a star

Kemarin saya menggunakan bis karena hanya itu pilihan yang tersedia di Labor Day. Saya naik bis dengan nomor 471 dan berhenti di Manurewa (Manukau City Center) dan melanjutkan dengan bis nomor 466 menuju Botanic Garden. Ongkosnya cukup murah, approx. $5.5 (karena saya dapat student discount untuk transportasi umum), kalau harga normal sih $9.5. Sepanjang perjalanan menuju Manukau, tidak ada pemandangan yang menarik. Saya hanya menemui sederetan toko, gedung perkantoran, perumahan dan mal. Tapiii, begitu sampai di jalan dekat Botanic Garden, ada pemandangan yang tidak biasa. Deretan rumah dengan design eksklusif memanjakan mata saya. Ternyata, bis yang saya tumpangi melewati perumahan elite. Buat saya sih elite karena selama ini saya belum pernah liat rumah dengan design seperti itu di Auckland. Hehehe. Oh iya, nama komplek perumahannya The Gardens.

Saya sampai di Botanic Garden jam 11 siang dan langsung mengitari taman tersebut. Saya tidak mengambil peta (yang bisa diambil di Visitor Center atau di website), saya hanya mengikuti papan petunjuk dan menikmati keindahan taman beserta bunga yang terhampar di hadapan saya. Karena saya punya waktu seharian penuh dan saya memang ingin menghabiskan waktu menikmati dan mengeksplor koleksi Botanic Garden, jadilah saya berjalan santai sambil mengambil foto bunga – bunga di sana. Tidak jauh dari gerbang utama, mata saya sudah disuguhi keindahan bunga beraneka warna. Ada beberapa bunga yang saya tahu namanya, tapi kebanyakan saya sama sekali tidak tahu. Ada bunga lavender (untuk yang satu ini sih saya sudah sering melihat di pekarangan rumah orang ;)) dan ada bunga lain yang saya gak tau namanya, tapi wanginya harum sekali seperti vanilla, lalu ada juga berbagai jenis daun mint.

Botanic Garden dibagi menjadi beberapa bagian taman, seperti Rock Garden, Roses, Magnolias, Orchard, Camellias, Native Plant Ideas, dll. In my opinion, Roses Garden itu penataannya paling bagus, sedangkan Rock Garden view-nya paling bagus karena ada danaunya. Di sana juga ada Native Forest, sepertinya sih taman ini biasa digunakan sebagai jalur tracking. Berdasarkan tips dari pengelola untuk pengunjung yang ingin berjalan – jalan di hutan sebaiknya menggunakan sturdy shoes dan membawa air minum, karena perjalanan akan memakan waktu 2 jam. Kalau hanya ingin mengitari taman – taman cantik sih gak perlu khawatir kehabisan air minum, karena ada beberapa drinking fountain di sekitar areal taman. Yang pasti, kalau ingin perjalanan aman dan nyaman buat kaki, ya sebaiknya menggunakan sport shoes atau alas kaki yang nyaman. High heels, wedges or even boots is a big NO NO or else you might be end up with broken legs :p

IMG_8737
Bunga ini teksturnya sangat lembut
IMG_8741
Menurut saya, bunga ini warnanya paling cantik ;))
IMG_8800
Danau di area Rose Garden. Cantik!
IMG_8790
Pemandangan danau di dekat Rock Garden
IMG_8728
Warna mawar favorit saya…

IMG_8806

IMG_8805
Gerbang masuk menuju Rose Garden

IMG_8803

IMG_8802

IMG_8797

IMG_8796

IMG_8795

IMG_8794

IMG_8746

IMG_8747

IMG_8748

IMG_8749

IMG_8750
Taman bunga beraneka warna

IMG_8752

IMG_8760

IMG_8761

IMG_8770

IMG_8776

IMG_8721
Pink Rose

IMG_8722

IMG_8730

IMG_8732
Keindahan bunga di Auckland Botanic Garden

IMG_8733

IMG_8734

IMG_8736

IMG_8738

IMG_8739

Ketemu anjing paling besar yang pernah saya liat. Saya gak tau ras-nya apa...
Ketemu anjing paling besar yang pernah saya liat. Saya gak tau ras-nya apa…
Tips untuk menikmati Auckland Botanic Garden
Tips untuk menikmati Auckland Botanic Garden
Gak cuma di Indonesia yang tangannya pada 'jahil'. Di Auckland juga ada yang begitu. hahahaa
Gak cuma di Indonesia yang tangannya pada ‘jahil’. Di Auckland juga ada yang begitu. hahahaa
1962633_10152834622643134_4705715058400011009_n
Gak perlu takut nyasar, papan peta kayak gini tersebar di sudut – sudut taman😉

1392036_10152834622808134_3827506347762170815_n

64358_10152834622868134_8314213731092438659_n

Nama tumbuhannya sangat eye catching. Emangnya cuma emas yang 24 karat? ;p
Nama tumbuhannya sangat eye catching. Emangnya cuma emas yang 24 karat? ;p

Berhubung saya datang di waktu spring, ada beberapa bunga yang belum mekar atau mekar dengan sempurna. Seperti mawar yang akan mekar dengan sempurna di saat summer dan beberapa bunga lain yang sama sekali belum mekar waktu saya ke sana L. Tapi bunga – bunga musim semi yang mekar gak kalah indah kok dengan mawar. Maafkan keawaman saya akan nama dan jenis tanaman, untuk varietas bunga di Botanic Garden bisa dilihat di foto yang saya post juga  di sini. Jadi, silakan tebak – tebak sendiri ya nama bunganya apa. Hehehe. Oh iya, foto – foto ini diambil menggunakan iPhone 5.

Botanic Garden ini dibuka untuk umum dan gratis. Taman ini hanya tutup pada Christmas Day. Taman ini juga cocok dikunjungi oleh semua tingkat usia, baik berkelompok maupun individu. Karena saya sendiri memilih untuk pergi sendirian ke taman ini. Tujuan utamanya sih untuk refreshing my mind, taking beautiful pics and enjoying me time by lying down on grass. And my mission was accomplished. Everything ran smoothly, unless strong wind and a little rain. Impian saya untuk piknik di taman terbuka tercapai sudah. Berbekal kain Bali sebagai alas duduk, saya menikmati pasta sebagai menu makan siang saya ditemani semilir angin dan juga kicauan burung. Perfect!

Setelah menikmati waktu santai di atas rumput, saya memutuskan untuk berjalan lagi melewati areal taman yang belum saya kunjungi. Saya sempat melihat Edible Garden yang ternyata berisi tanaman sayuran dan buah yang biasa kita konsumsi. Ada tanaman lettuce, strawberry, zucchini, dan beberapa tanaman lain yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Honestly, Edible Garden ini kurang menarik untuk dikunjungi. Jika dibandingkan dengan taman – taman lain yang ada di Botanic Garden ini, Edible Garden terlihat paling tidak terawat. Banyak tanaman yang tidak terawat dengan baik dan penataannya juga kurang artistic (halahh, bahasanya uda kayak expert aja. Hahahaa)

Selama mengelilingi Botanic Garden, saya menemukan beberapa hal menarik, mulai dari bentuk tanaman yang gak lazim, warna bunga yang bermacam – macam sampai nama tanaman yang lucu dan eye catching. Jadi kalau ada pertanyaan apakah saya menikmati perjalanan saya ke Botanic Garden, jawabannya adalah iya. Bukan hanya indera penglihatan saya yang terhibur, indera penciuman, pendengaran dan perasa saya juga ikut terhibur dengan keragaman tanaman di sana. Jika kalian sedang berada di Auckland, Botanic Garden bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang patut dikunjungi. Sekian and see you on another story!

Tips:

Beberapa tips dari saya jika ingin mengunjungi Botanic Garden, bawalah payung, sun screen, sun glasses, topi dan alas duduk jika ingin duduk – duduk menikmati suasana. Gunakan sepatu dan pakaian yang nyaman. Jangan lupa bawa kamera atau smartphone dengan fitur kamera. Jika memang ingin mengitari seluruh areal Botanic Garden, datanglah dari pagi sekitar jam 10 -11 agar waktunya cukup dan tidak pulang tidak terlalu sore / malam.

Leave a Reply

