Universal Studio Singapore

Tahun lalu, tepatnya di bulan Mei, saya mengunjungi Singapore dengan seorang teman saya. Kami memutuskan pergi sendiri tanpa menggunakan jasa travel agent untuk mengurus perjalanan kami. Jadilah, saya yang membeli tiket pesawat online dan teman saya, Nata yang mengatur urusan tempat tinggal. Di tengah pembicaraan kami menyusun itinerary, tercetuslah keinginan kami untuk mengunjungi Universal Studio Singapore atau yang biasa disingkat USS.

Terus terang saja, nama besar Universal Studio begitu menggoda kami untuk mengunjungi theme park tersebut. Apalagi setelah membaca dan mendengar testimoni orang – orang yang sudah pernah ke sana sebelumnya. Berbagai macam atraksi menarik dan juga arsitektur bangunan yang indah membuat kami mantap untuk membeli tiket USS.

Kami membeli tix USS dari Jakarta melalui travel agent yang harganya lebih murah dibanding kita membeli tix masuk on the spot di sana. Waktu itu kami membayar SGD 57, sudah termasuk tiket masuk ke Maritime Museum yang berada tidak jauh dari Universal Studio.

USS ticket

Kami mengunjungi USS di hari kedua liburan kami di Singapore. Untuk mencapai Sentosa Resort World, saya menggunakan MRT dan turun di stasiun Harbour Front. Perjalanan saya dilanjutkan dengan menggunakan bis sampai ke Sentosa. Sebenarnya ada beberapa moda transportasi yang bisa digunakan untuk sampai ke Sentosa, seperti cable car dan TAXI. Untuk keterangan lengkapnya, monggo langsung cek tkp di samping ini🙂 http://www.sentosa.com.sg/en/getting-to-around-sentosa/getting-to-sentosa/

Sesampainya di basement Sentosa Resort World, sekitar 100m dari tempat pemberhentian bis, ada eskalator untuk naik menuju USS. Hanya butuh waktu sekitar 2 menit dan saya sudah sampai di lokasi USS.

Saya sudah bisa melihat bola dunia besar yang tidak berhenti berputar dari kejauhan. Dan, berfoto dengan latar belakang bola dunia bertuliskan “UNIVERSAL” menjadi pilihan pertama saya. Berfoto dengan simbol Universal Studio ini sudah seperti ritual kalau kita mengunjungi theme park yang satu ini.

Setelah selesai membuat barbuk alias barang bukti kalau saya pernah mengunjungi USS, saya segera menuju entry gate untuk memasuki area USS. Di sebelah kiri pintu masuk ada toko souvenir Universal Studio. Saya pun masuk untuk melihat souvenir apa saja yang dijual di dalam. Souvenir yang dijual kurang lebih sama dengan souvenir yang dijual oleh theme park lain. Ada boneka, kaos, gantungan kunci, dll. Selesai mengitari toko, saya keluar tanpa membeli apapun. Karena tujuan saya kan memang ingin lihat – lihat saja, bukannya beli. *ngeles* hehehehe….

Popcorn's car
Popcorn’s car

photo 2 (1)

Atraksi pertama yang saya saksikan adalah “Lights! Camera! Action!” di zona New York. Atraksi yang satu ini dirancang langsung oleh sutradara ternama dunia yakni Steven Spielberg. Menurut saya atraksi ini keren dan sangat menghibur. Saya seperti menonton syuting secara live. Sayangnya pengunjung tidak diperbolehkan mengabadikan gambar dari atraksi yang ditampilkan.

Yang paling berkesan saat menonton atraksi ini adalah kecanggihan efek yang dimunculkan. Saya sama sekali tidak membayangkan kalau akan ada kapal yang melaju mendekati area berdiri penonton. Saya yang berdiri di barisan paling depan hanya bisa bengong melihat ujung dek kapal bergerak mendekati dan berhenti di depan saya persis.

Ada juga efek api sungguhan yang muncul di sisi kanan panggung atraksi. Suhu panas langsung terasa di area atraksi. Secara keseluruhan, atraksi ini mampu membuat saya berdecak kagum dengan efek yang ditampilkan. Jika saya berkunjung ke USS lagi, bisa dipastikan saya akan menonton atraksi ini lagi.

USS Area

Saya pun melangkah keluar dari zona New York, di sepanjang jalan, saya ketemu tokoh – tokoh film sedang wara wiri. Ada si lucu Poo dari KungFu Panda, Frankeisten, dll. Saya pun ikut mengantri dengan pengunjung lain yang ingin berfoto dengan tokoh – tokoh tersebut. Selesai foto – foto, saya menyempatkan nonton pertunjukan boyband bule yang atraktif nyanyi & joget – joget di atas panggung kecil.

photo 4 (1)

Keep singing and dancing boys! ;p

Atraksi selanjutnya yang saya ingin rasakan adalah Battlestar Galactica. Lokasi permainan ini bersebrangan dengan Transformer. Berhubung teman saya tidak ingin naik Galactica, saya pun naik sendiri. Sebenarnya sih permainan ini sama seperti roller coaster, hanya saja kalau biasa duduk berdua, di Galactica ini kita duduk berempat. Dan untuk level ketegangan, menurut saya Galactica ini kurang menantang.

photo 4

Sebagai tambahan informasi, saya pernah naik tornado di Dufan sebanyak 5 kali dalam 1x kunjungan dan tentunya permainan lain seperti power surge, kora – kora dan roller coaster. Karena level ketegangan masing – masing orang berbeda, jadi coba disesuaikan dengan pengakuan saya sebelumnya😀

Setelah itu saya menuju area Far Far Away. Di sini saya menonton film Shrek 4-D. Ruang pertunjukkan cukup besar dan bisa menampung kurang lebih 100 orang. Saya dan penonton lain sangat terhibur menonton atraksi ini. Suara gelak tawa dan respon penonton terdengar sepanjang film diputar.

Far Far Away Zone

Jujur saja, ini pertama kalinya saya menonton film dengan teknologi 4 Dimensi. Saat film dimulai dan kacamata khusus dipakai, saya seolah – olah melihat kalau Tinkerbell itu benar – benar muncul dan menari – nari persis di depan wajah saya. hehehe….

Tidak hanya itu, saya pun berteriak kaget ketika Donkey bersin dan ada air muncrat di wajah saya. Lalu sensasi seperti menunggang kuda ketika adegan Shrek menunggangi kereta kuda bersama kawan – kawannya. Shrek 4 ini wajib dikunjungi jika datang ke USS.

Setelah puas menonton film Shrek, saya melanjutkan penjelajahan saya ke zona Madagascar, Ancient Egypt dan Lost City. Tapi di ketiga zona ini saya tidak mencoba atraksi permainan sama sekali. Dan penjelajahan saya di USS ini pun berakhir di siang hari. Yang lebih menyenangkan lagi, bis yang mengantar saya kembali ke Vivo City menggratiskan ongkosnya. Kata drivernya sebagai compliment. Asiknyoo…. hihihihi

Egyptian Sculpture

Secara keseluruhan, theme park ini recommended untuk dikunjungi. Hanya saja, aneka permainan yang disediakan memang tidak terlalu banyak. Namun, jika Anda berkunjung ke Singapore, tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu bermain di USS dan mencoba hal – hal baru di sana.

5 thoughts on “Universal Studio Singapore

1. Hai mbak Yovi, boleh tau beli tiket USS murah di travel agent mana ? kebetua agustus mau ke uss rame-rame, terima kasih

1. Hi mbak peppy, klo u/ info trvl agent mana yg jual tix uss murah, sy krng tau. Harga jual antar trvl agnt jg biasanya selisih $1-2 saja. Coba dicek ke bbrp trvl agent. Happy hunting! 😊

1. Mbak yovi, apakah boleh tau travel agent di jakarta yang dipakai mbak yovi untuk beli tiket USS kemarin ? Terima kasih

2. kak, mo tanya donk. Kalo mau beli souvenir USS nya, apa harus beli tiket masuk ya ? saya tidak ingin main, tapi cuman mau beli souvenir saja hehe ..makasih