My very first 3D Birthday Cake

Istilah 3D cake pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kue yang satu ini memang sangat menarik dilihat karena tampilannya yang menyerupai bentuk asli objek yang ditiru (dummy). Dan karena sifatnya yang custom made, alias terserah pada keinginan si pemesan, maka kreativitas si pembuatnya pun diuji untuk membuat kue ini semirip mungkin dengan aslinya.

Entah siapa yang mencetuskan ide dan membuat kue ini pertama kali. Yang pasti, kepopuleran 3D cake cukup membuat kue yang satu ini menjadi pilihan para penikmat cake. Untuk saya pribadi, keunikan dari kue ini adalah bentuk dan warnanya. Semakin mirip bentuk kue dengan objek aslinya, maka semakin tinggi nilai artistik dan ekonomis kue tersebut.

Sebuah kue tidak hanya dilihat dari tampilannya saja, tetapi juga rasanya. Untuk 3D cake, kue yang digunakan sebagai bahan dasar bisa bermacam – macam, tetapi biasanya menggunakan kue yang teksturnya cukup kuat untuk menahan fondant yang melapisi kue tersebut. Beberapa jenis kue yang bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat 3D cake adalah lapis surabaya dan brownies kukus.

Melihat banyaknya jenis dan bentuk 3D cake, saya terdorong untuk mencoba membuat kue yang satu ini. Kebetulan pada waktu itu, adik saya akan berulang tahun. Jadilah saya bereksperimen membuat kue ini sebagai hadiah ulang tahun buat dia.

Setelah melakukan browsing, nonton video tutorial di youtube, mencari contoh model 3D cake, pilihan saya jatuh kepada 3D cake berbentuk gift box. Saya memilih gift box karena menurut saya objek ini cukup simpel dan mudah untuk dibuat.

My very first 3D Cake
My very first 3D Cake

Dasar kue yang saya gunakan adalah lapis surabaya. Fondant yang saya butuhkan untuk melapisi kue dan membuat pita adalah kurleb 1/2 kg. Pita hiasan sudah saya buat sehari sebelumnya karena pita tersebut harus sudah kering saat digunakan.

Dasar kue menggunakan lapis surabaya
Dasar kue menggunakan lapis surabaya

Pada saat membuat pita, saya hampir stuck karena pita – pita yang saya buat tidak kunjung kering dan mengeras sekalipun sudah saya taruh di ruangan ber-AC. Tidak habis akal, saya kembali bertanya pada mbah google mencari tips mengeringkan fondant. Akhirnya saya mencoba tips mengeringkan fondant menggunakan hair dryer.

Menggunakan hair dryer juga bukan jaminan bahwa fondant akan mengeras sempurna. Salah – salah kalau suhunya terlalu panas, fondant bisa meleleh dan hancurlah bentukannya. Jadi, mengolah fondant memang susah – susah gampang alias tricky. Pengalaman saya mengolah fondant akan saya bagikan di post selanjutnya  ya.

Pada hari H, saya sudah berkutat di dapur membuat lapis surabaya. Setelah kue matang, sudah dirapikan sisi – sisinya dan mengoleskan butter cream secukupnyai. Fungsi dari butter cream ini adalah sebagai perekat kue dengan fondant-nya.

Perjuangan saya selanjutnya dimulai. Saya harus melapisi kue ukuran 20×20 cm dengan fondant. Saya menggunakan alas plastik untuk menggilas fondant. Untuk ketebalan fondant, saya tidak bisa mengatakan berapa cm, karena saya sendiri hanya menggunakan feeling ketika menggulung fondant. Hehehe… Tapi sebaiknya jangan terlalu tebal dan tipis, jadi sedang – sedang saja.

Kue yang sudah dilapisi fondant
Kue yang sudah dilapisi fondant

Setelah saya rasa lebar fondant cukup, saya mengangkat alas plastik dan menaruhnya di atas kue, saya melepaskan fondant dari alas plastik dan merapikannya agar menempel erat dengan kue. Untuk merapikan fondant, kita bisa menggunakan  telapak tangan, spatula atau alat lain yang sisinya rata. Setelah sudah rapi dan rata (pastikan semua sisi fondant tidak menggembung atau bergelombang), kita mulai bisa menghias kue.

Selesai menyusun pita, saya melanjutkan menghias ‘gift box’ dengan menggunakan coklat yang sudah saya lelehkan. Voila! Jadilah 3D cake pertama buatan saya dan sungguh tidak rela melihatnya dipotong ;))

Lengkap dengan nama penerimanya ;)
Lengkap dengan nama penerimanya😉

Leave a Reply

