Balangan Beach

Ini pemandangan indah Balangan dari atas karang
Ini pemandangan indah Balangan dari atas karang

 

Pernah mendengar nama Balangan beach sebelumnya? Saya yang sudah beberapa kali “pulangkampung” ke Bali sebelumnya juga gak pernah mendengarnya. Saya mengetahui pantai ini dari driver yang mengantar saya ke Bali beberapa waktu lalu.

Saya datang ke pantai ini di pagi hari karena lokasinya cukup dekat dengan penginapan saya di daerah Jimbaran. Butuh waktu hampir 2 (dua) jam untuk sampai ke pantai ini.

Untuk saya yang baru pertama kali ke pantai ini, saya cukup takjub dengan jalanan yang harus saya lalui. Kita harus melewati sebuah jalanan kecil yang sebenarnya muat hanya untuk 1 mobil. (tapi klo mau dipaksa mepet 2 mobil juga bisa sih).

Di sisi kiri dan kanan jalan dipenuhi semak. Ada beberapa villa yang berdiri di sana, tapi jumlahnya tidak banyak. Sempat terpikir juga sih. Apa rasanya tinggal di villa yang lingkungannya jauh dari tengah kota seperti ini.

Hal lain yang membuat saya terkejut adalah saya berpapasan dengan seorang turis bule yang mengendarai motor. Padahal tidak ada petunjuk jalan sama sekali di sana. Kalimat pertama yang terlintas di pikiran saya adalah nekat banget.

Dengan kondisi jalan yang gak memiliki petunjuk arah dan juga jarak yang cukup jauh, saya sih gak mau pergi sendiri ke sana, apalagi naik motor. Tapi melihat kenekatan si bule itu, saya juga bisa menarik kesimpulan bahwa jalanan di sana aman untuk dilewati sendirian.

Tanpa terasa, saya sudah sampai di Balangan Wave. Saya sebenarnya juga bingung namanya itu Balangan Wave atau Balangan Beach, karena di papan nama tertulis Balangan Wave. Tapi sudahlah, yang penting namanya tetap Balangan toh.

Kami dimintai uang untuk biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah. Harga itu sudah termasuk mobil dan orang di dalamnya. Sangat murah kan? Parkiran mobilnya cukup luas dan berada di atas tebing.

Begitu turun dan memandang pemandangan sekitar, napas saya tertahan. Pemandangan di sini sangat indah. Saya berada di atas tebing, di mana sejauh mata saya memandang saya melihat birunya air laut disertai ombak yang cukup bersahabat.

 

Eksotisme pantai Balangan
Eksotisme pantai Balangan

 

Ketika saya melihat ke bawah, saya melihat hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai. Saya benar – benar takjub! Melihat laut dari atas tebing memang memberikan suasana dan pengalaman berbeda.

Menurut driver saya, Balangan ini merupakan ujung selatan dari pulau Bali. Tebing yang berada di sini adalah tebing yang sama yang membentang sampai Ayana Resort (Rock Bar). Ini juga info dari driver saya.

Yang unik dari Balangan, tebing ini seperti memiliki sebuah kaki yang menjorok ke tengah laut. Sayangnya waktu saya datang ke sana, ada 2 pasang pengantin yang menikah di sana. Jadi saya tidak bisa menginjakkan kaki saya di sana.

Menikah di atas tebing di tengah laut lepas pasti akan meninggalkan momen yang sangat berkesan. Pemberkatan pernikahan terasa sangat khidmat karena hanya dihadiri kerabat dekat.

Yang pasti kita harus super hati – hati melangkah karena tidak ada pagar pembatas di sepanjang tepian tebing. Dan untuk informasi tambahan saja, 2 pasangan yang menikah itu adalah bule alias WNA. Mungkin belum banyak WNI yang menikah di sana.

 

Pemberkatan pernikahan di tepi karang Balangan
Pemberkatan pernikahan di tepi karang Balangan

 

Selain indahnya pemandangan alam, keberadaan sebuah rumah sederhana yang tak jauh dari lokasi parkir mobil juga menarik perhatian saya. Rumah itu membuka toko kelontong juga.

Dan driver saya yang merangkap tour guide ini menjelaskan kalau pemilik rumah itu adalah pemilik Balangan beach ini. Ya, Balangan beach ini dimiliki perorangan dan pemiliknya ini berencana menjual lahannya.

Matahari yang mulai beranjak naik mendandakan hari semakin siang dan saya harus segera kembali Sayang sekali penjelajahan saya di Balangan beach ini hanya sebentar. But, next trip to Bali, I’ll go there again for sure!

Leave a Reply

